Your browser (Internet Explorer 6) is out of date. It has known security flaws and may not display all features of this and other websites. Learn how to update your browser.
X
Post

Tips Memerah ASI di Kantor

  Tips Memerah ASI di Kantor

 stk204157rke

Kembali bekerja bukan halangan untuk bisa tetap memberikan ASI ekslusif bagi buah hati Anda. Bunda bisa memerah ASI di kantor. Bagaimana caranya? Simak tipsnya.

  • Perah ASI di ruang menyusui/nursery room, jika ada. Atau, gunakan ruang kosong yang bersih dan tertutup agar Anda nyaman.
  • Botol berisi ASI ditutup rapat, dan simpan di dalam freezer di kantor atau dalam cooler box milik Anda sendiri.
  • Beri label di botol: tanggal dan jam berapa ASI diperah.
  • Idealnya, perah ASI 2-3 tiga jam sekali. Usahakan teman atau atasan Anda tahu ke mana Anda ’menghilang’ beberapa menit tersebut.
  • Selama masa menyususi, kenakan baju dinas menyusui, yaitu mudah dibuka, seperti baju dengan kancing depan di bagian atas hingga ke dada atau pinggang.
  • Minta dukungan teman-teman kantor dan atasan untuk kesuksesan ASI eksklusif Anda.

Cara Memerah dan Menyimpan ASI

Siapkan perlengkapan untuk menyusui, antara lain pompa ASI elektrik, dan botol penampung ASI yang sudah disterilkan. Untuk ibu bekerja, jangan lupa membawa nursing cover agar selama memerah ASI di kantor ibu tetap merasa nyaman. Perah ASI secara bergantian dari payudara sebelah kanan dilanjutkan ke payudara sebelah kiri.

Gunakan botol tertutup atau plastik khusus menyimpan ASI untuk menyimpan ASI perah. Jangan lupa untuk mencantumkan label tanggal penyimpanan ASI pada botol atau plastik ASI (breast milk storage bag). Masukan ASI perah ke dalam wadah penyimpanan dan pastikan botol atau plastik berisi ASI tertutup rapat saat akan disimpan dalam freezer.

Simpan ASI di lemari pendingin. Usahakan agar ASI tidak disimpan bercampur dengan makanan dan jangan menyimpan ASI di bagina pintu lemari es, tetapi simpan di bagian paling dalam, di belakang agar tidak terlalu terpengaruh dengan perubahan suhu. ASI yang disimpan dalam freezer bisa bertahan selama 3- 6 bulan lamanya.

Saat ibu ingin memberikan ASI perah kepada bayi, ambilah stok ASI perah yang lebih dulu disimpan. Lihatlah pada label tanggal penyimpanan ASI. Keluarkan ASI dari freezer dan pindahkan ke kulkas selama 12 jam sebelum diberikan kepada bayi. ASI yang sudah cair kemudian hangatkan dengan cara merendam botol ASI atau plastik ke mangkuk yang berisi air hangat bersuhu 40� celcius. Jangan melelehkan atau menghangatkan ASI memakai microwave karena akan menghancurkan nutrisi yang terkandung dalam ASI. Nah, ASI perah siap diberikan kepada bayi dengan cara memakai cup feeder,sendok ataupun pipet. Tapi ingat ya Bu, jika kamu di rumah, lebih baik kamu menyusui bayi langsung untuk memperkuat bonding dengan bayimu.

ini adalah perlengkapan memerah yang sangaaat2 membantu aku untuk tetap memberikan Asi ekslusif sampai saat ini :

keterangan :

1. Cooler & Hot bag merek Gabag Picnic Brown Polka; cinta deh sama si Cooler & Hot bag cantik satu ini, fyi ini buatan asli indonesia loh hehehe nah kenapa pilih yang motif begini karena warnanya bisa diserasikan dengan seragam kantor wahahaha… btw memudahkan sekali deh untuk ngangkut perlengkapan ASIP yang banyak mana kuat juga tas nya, daya tahan ASIP yang disimpan dengan Ice gel bekunya nya bisa kurang lebih 16 jam (menurut petunjuk) tapi gak selama itu jug asih aku butuhnya, kurang lebih 10 jam lah… dan asip tetap fresh sampe rumah.

2. Botol rekondisi UC 1000 biasanya aku bawa 3-4 botol plus 1 botol RBS, botol RBS ini muat di pasangkan dengan breast pump pigeon manual, jadi hasil pumping aku tinggal tuang dalam botol2 Rekondisi UC 1000 nya.

3. Breast Pump Pigeon Manual

4. Gabag Ice Gel yang merupakan bonus dari si hot & Cooler bag Gabag, daya tahan beku nya bisa sampe 16 jam dengan sikon suhu ruangan normal, pernah nyobain direbus untuk hangatkan ASIP pas pergi imunisasi ato jelong2 eh ternyata oke juga, panasnya tahan maksimal ku coba 4-6 jam asalkan jangan sering dibuka tutup

5. Tisyu Kering untuk seka botol2 dan corong BP sebelum di pake, as you know botol dan pompa selalu aku cuci kembali dan rendam dengan air panas sebelum dipake, mungkin treat nya gak harus segitu amat mengingat ASI punya anti bakterial yang mumpuni tapi demi dan untuk ketenangan hati kalo ASIP aman terjaga aku gituin terus deh hahaha

6. Tisyu Basah anti bacterial, waktu difoto adanya merek mampok, kadang pake yang det*l nah fungsinya untuk seka PD sebelum dan sesudah pumping biar bersih dari keringat2

7. Hand Sanitizer

8. Wadah plastik tempat aku rendam botol dan printilan BP dan multi fungsi jadi tempat air sabun

9. Sponge cuci yang ku ganti seminggu sekali

10. Sabun cuci (Sleek nipple and bottle cleanser) aku biasanya taruh dalam tuperware kecil ato botol ASIP

karena pumpingnya selalu dikantor ada beberapa barang seperti tisyu2, hand sanitizer, sponge, wadah plastik dan sabun cuci yang aku tinggal dalam lemari meja, mengingat kalo dibawa pulang dan pergi kantor bakalan beraat banget apalagi kalo botol2 udah terisi asip apalagi ice gel nya lumayan loh beratnya walaupun cuma pake 2 aja.

  Tips Memerah ASI di Kantor

Post

Manfaat Daun Alang – Alang Untuk Anak

Manfaat Daun Alang – Alang Untuk Anak

manfaat alang alang

Alang-alang atau ilalang ialah sejenis rumput berdaun tajam, yang kerap menjadi gulma di lahan pertanian.

Nama ilmiahnya adalah Imperata cylindrica, dan ditempatkan dalam anak suku Panicoideae. Dalam bahasa Inggris dikenal sebagai bladygrass, cogongrass, speargrass, silver-spike atau secara umum disebut satintail, mengacu pada malai bunganya yang berambut putih halus. OrangBelanda menamainya snijgras, karena sisi daunnya yang tajam melukai.

Rumput menahun dengan tunas panjang dan bersisik, merayap di bawah tanah. Ujung (pucuk) tunas yang muncul di tanah runcing tajam, serupa ranjau duri. Batang pendek, menjulang naik ke atas tanah dan berbunga, sebagian kerapkali (merah) keunguan, kerapkali dengan karangan rambut di bawah buku. Tinggi 0,2 – 1,5 m, di tempat-tempat lain mungkin lebih.

Helaian daun berbentuk garis (pita panjang) lanset berujung runcing, dengan pangkal yang menyempit dan berbentuk talang, panjang 12-80 cm, bertepi sangat kasar dan bergerigi tajam, berambut panjang di pangkalnya, dengan tulang daun yang lebar dan pucat di tengahnya. Karangan bunga dalam malai, 6-28 cm panjangnya, dengan anak bulir berambut panjang (putih) lk. 1 cm, sebagai alat melayang bulir buah bila masak.

Alang-alang dapat berbiak dengan cepat, dengan benih-benihnya yang tersebar cepat bersama angin, atau melalui rimpangnya yang lekas menembus tanah yang gembur. Berlawanan dengan anggapan umum, alang-alang tidak suka tumbuh di tanah yang miskin, gersang atau berbatu-batu. Rumput ini senang dengan tanah-tanah yang cukup subur, banyak disinari matahari sampai agak teduh, dengan kondisi lembap atau kering. Di tanah-tanah yang becek atau terendam, atau yang senantiasa ternaungi, alang-alang pun tak mau tumbuh. Gulma ini dengan segera menguasai lahan bekas hutan yang rusak dan terbuka, bekas ladang, sawah yang mengering, tepi jalan dan lain-lain. Di tempat-tempat semacam itu alang-alang dapat tumbuh dominan dan menutupi areal yang luas.

Sampai taraf tertentu, kebakaran vegetasi dapat merangsang pertumbuhan alang-alang. Pucuk-pucuk ilalang yang tumbuh setelah kebakaran disukai oleh hewan-hewan pemakan rumput, sehingga lahan-lahan bekas terbakar semacam ini sering digunakan sebagai tempat untuk berburu.

Alang-alang menyebar alami mulai dari India hingga ke Asia timur, Asia Tenggara, Mikronesia dan Australia. Kini alang-alang juga ditemukan di Asia utara,Eropa, Afrika, Amerika dan di beberapa kepulauan. Namun karena sifatnya yang invasif tersebut, di banyak tempat alang-alang sering dianggap sebagai gulma yang sangat merepotkan.

Secara umum, alang-alang digunakan untuk melindungi lahan-lahan terbuka yang mudah tererosi. Kecepatan tumbuh, jalinan rimpang alang-alang di bawah tanah, serta tutupan daunnya yang rapat, memberikan manfaat perlindungan yang dibutuhkan itu.

Di Bali dan Indonesia timur umumnya, daun alang-alang yang dikeringkan dan dikebat dalam berkas-berkas digunakan sebagai bahan atap rumah dan bangunan lainnya. Daun alang-alang juga kerap digunakan sebagai mulsa untuk melindungi tanah di lahan pertanian. Serat halus dari malai bunganya kadang-kadang digunakan sebagai pengganti kapuk, untuk mengisi alas tidur atau bantal.

Rimpang dan akar alang-alang kerap digunakan sebagai bahan obat tradisional, untuk meluruhkan kencing (diuretika), mengobati demam dan lain-lain.

Sejumlah kultivarnya diseleksi untuk dijadikan rumput hias di taman-taman. Di antaranya adalah kultivar ‘Red Baron’ yang berdaun merah.

Sifat Dan Khasiat Tanaman Alang-Alang :

Rasa akar alang-alang manis, bersifat sejuk, masuk meridian paru-paru, lambung dan kandung kemih. Simplisia ini bersifat tonik, pereda demam (anti piretik), peluruh kencing (Diuretik), menyejukkan darah untuk menghentikan perdarahan (hemostatik), dan menghilangkan rasa haus. Tunas muda berkhasiat untuk peluruh kencing (Diuretik).

Kandungan Kimia Tanaman Alang-Alang :
Akar dan batang alang-alang mengandung manitol, glukosa, sakarosa, malic acid, citric acid, coixol, arundoin, cylindrene, cylindol A, graminone B, imperanene, stigmasterol, campesterol, beta-sitosterol, fernenol, arborinone, arborinol, isoarborinol, simiarenol, anemonin dan tanin.

Indikasi Tanaman Alang-alang :
Akar Alang-alang digunakan untuk pengobatan :
- Bengkak (Edem) karena radang ginjal akut, infeksi saluran kencing.
- Kencing sedikit
- Bengkak karena terbentur (memar)
- Perdarahan akibat panasnya darah (blood heat) seperti mimisan (epistaksis), muntah darah, batuk darah, urine berdarah.
- Wasir (hemoroid)
- Demam disertai haus, batuk, flu, sesak
- Tekanan darah tinggi (hipertensi)
- Sakit kuning (jaundice)

Bunga Alang-alang digunakan untuk mengobati :
- Batuk darah dan mimisan akibat penyakit paru.

Cara Pemakaian :
- Untuk obat yang diminum : Rebus akar alang-alang kering (15-30 g), bila menggunakan yang masih segar maka jumlahnya kira-kira 30-60 g, sedang untuk bunga sekitar 5-10 mg, dan tunas muda 5-10 g. Bisa juga akar ditumbuk dan diperas airnya, atau yang kering digiling untuk dijadikan bubuk.
- Untuk pemakaian luar : bulir bunga berikut tangkainya digiling halus dan dibubuhi pada luka atau disumbatkan ke hidung untuk menghentikan perdarahan.

TIPS MENCEGAH PANAS DALAM

  1. Hindari makan makanan yang dapat menyebabkan panas dalam, contoh: buah durian, daging kambing, makanan yang digoreng dan minuman yang mengandung alkohol.
  2. Banyak minum air putih minimal 2,5 liter per hari.
  3. Jaga stamina dan daya tahan tubuh dengan cara:
  • Olahraga secara teratur
  • Istirahat yang cukup
  • Makan makanan bergizi.

Lalu apakah sebenarnya kandungan dalam AKAR ALANG – ALANG ?

Dibalik  kejamnya tanaman ini  terkandung bahan yang dapat dimanfaatkan untuk  kesehatan tubuh. Akar alang-alang mengandung Air (81,00714% ), Karbohidrat(6,3072%),Serat (5,8580%), Abu (1,1301%), monitol, senyawa K, sakarosa, glukosa, malic acid, citric acid, arundoin, cyllindrin, fernenol, simiarenol, anemonin yang berguna untuk memperlacar pengeluaran air seni (diuretik), menurunkan panas (antipiretik) dapat menurunkan tekanan darah tinggi meluruhkan kencing. Serta mencegah dan mengatasi penyempitan pembuluh darah, memperlancar peredaran darah, bengkak karena peradangan ginjal akut, infeksi saluran kemih, muntah darah, batuk darah, air kemih. Bahkan berdasarkan penelitian akaralang –alang dapat menyembuhkan  sakit kuning (hepatitis)

 

Cara Mengolah: untuk mengatasi mimisan, gunakan 60 gram akar alang-alang segar dan 100 gram akar teratai direbus dengan 800 cc air hingga tersisa 300 cc, airnya diminum.

Mengobati tekanan darah tinggi: 100 gram akar alang-alang, 15 gram meniran, dan 15 gram kunyit direbus dengan 800 cc air hingga tersisa 300 cc, saring dan diminum.

Mengatasi gangguan air kemih yang mengandung darah: 100 gram akar alang-alang dan 30 gram daun sendok direbus dengan 2 liter air hingga tersisa 300 cc, saring dan airnya diminum.

Buang air kecil tidak lancar dapat diobati dengan 100 gram akar alang-alang dan gula batu secukupnya direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 200 cc, saring dan minum airnya.

Batu ginjal, ambil 60 gram akar alang-alang, 30 gram daun kejibeling, dan 30 gram rambut jagung direbus denan 600 cc air hingga tersisa 200 cc, saring dan minum airnya.

Batu empedu, gunakan 100 gram akar alang-alang direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 200 cc, saring dan minum arinya.

Atasi asma dengan menggunakan 60 gram akar alang-alang dan 15 kuntum bunga kenop direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 200 cc, saring dan airnya diminum.

Untuk gangguan prostat, gunakan 60 gram akar alang-alang, 30 gram sambiloto, dan 30 gram meniran direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 200 cc, saring dan airnya diminum.

Kencing Batu, gunakan 100 gram akar alang-alang, 30 gram meniran, dan 30 gram daun kumis kucing direbus dengan 700 cc air hingga tersisa 200 cc, saring dan airnya diminum.

Mengobati jantung koroner dengan menggunakan 100 gram akar alang-alang, 100 gram akar teratai, 25 gram jamur kuping hitam, 25 gram jamur hioko, dan 25 gram jamur putih kering dirbus dengan 800 cc air hingga tersisa 200 cc, saring dan arinya diminum.

 Manfaat Daun Alang – Alang Untuk Anak

Post

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Ibu Hamil

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Ibu Hamil

Pregnant mom can make money at home

Cegah sebelum sakit! Jangan tunggu sakit dulu untuk menjaga kesehatan. Terutama selama kehamilan, penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Istirahat, tetap berolah raga, dan asupan nutrisi yang spesifik.

Agar ibuhamil tidak gampang atau sering sakit, penting bagi ibu meningkatkan sistem pertahanan tubuh selama kehamilan dengan:

  • Cukup istirahat dan tidur. Usahakan untuk tidak melakukan aktivitas yang terlalu berat, terutama wanita hamil yang bekerja.

  • Menjauhkan diri dari stres. Berusahalah mempertahankan sikap positif. Anda juga bisa melakukan kegiatan-kegiatan relaksasi yang membuat Anda merasa tenang, seperti pijat refleksi.

  • Melakukan olahraga yang dirancang untuk ibu hamil, mulai dari yang ringan seperti bersepeda, atau yoga ibu hamil. Dengan berolahraga rutin, tubuh akan lebih bugar.

  • Mengonsumsi makanan bergizi, karena asupan nutrisi akan menjadi bahan baku untuk melawan kuman penyebab penyakit.

Nutrisi spesifik untuk meningkatkan daya tahan tubuh ibuhamil terhadap penyakit dan infeksi, di antaranya:

  • Asam Folat, menjaga sistem imunitas dan mengurangi risiko janin mengalami kelainan tabung saraf hingga 70%. Penting dikonsumsi di awal kehamilan, saat pembentukan otak dan susunan saraf pusat.
  • Vitamin C, untuk meningkatkan produksi antibodi dan mencegah infeksi sekunder pada penderita influenza.
  • Kalsium, untuk membantu tubuh menyerap vitamin C, mencegah ibuhamil kehilangan kalsium dari tulang, serta untuk pembentukan tulang dan gigi janin. Agar kalsium bisa diserap dengan maksimal, harus disertai dengan konsumsi vitamin D, misalnya dengan minum susu, yang kaya kalsium dah vitamin D.
  • Zat Besi, untuk mengatur fungsi sel T limfosit dalam sel darah putih. Kekurangan zat besi menyebabkan terhambatnya perkembangan imunitas selular; penurunan aktivitas sel NK; peningkatan risiko infeksi.
  • DHA (docosahexaenoic acid), untuk mendukung sistem saraf ibu hamil.
  • FOS (Fructooligosaccharides), untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh, dengan mendukung berkembangnya Bifidobacteria di saluran pencernaan. Bifidobacteria memfermentasikan FOS menjadi asam asetat dan asam laktasit yang bisa meningkatkan fungsi pencernaan sehingga membantu imunitas.

Nutrisi segelas susu. Susu dikenal sebagai pendongkrak imunitas tubuh. Satu gelas susu berisi hampir semua kebutuhan nutrisi yang diperlukan tubuh. Susu juga bisa diperkaya dengan berbagai kandungan nutrisi, sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan nutrisi tertentu. Misalnya, susu ibuhamil (bumil) yang kandungan nutrisinya sudah disesuaikan dengan kebutuhan ibu selama kehamilan. Mengonsumsi susu bumil secara rutin, sangat bermanfaat, apalagi jika Anda mengalami mual dan muntah pada pagi hari. Karena itu nutrisi yang hilang terbuang bisa Anda ganti dengan minum susu.

Susu rendah lemak dan produk turunannya, keju, yoghurt, juga merupakan sumber protein dan kalsium, sehingga ibuhamil dianjurkan mengonsumsinya. Pasteurisasi susu sangat mengurangi jumlah patogen. Sebagian besar produk-produk susu yang tersedia sudah dipasteurisasi. Namun, hati-hati dalam menyimpan, karena masih ada risiko tercemar kembali oleh bakteri patogen seperti Listeria. Bakteri ini dapat tumbuh pada suhu dingin dan menyebabkan infeksi. Untuk alasan itu, produk susu harus disimpan dengan baik dan tertutup untuk mencegah kontaminasi.

Produk susu idealnya habis dikonsumsi dalam dua hari setelah dibuka, atau dimasak setelah masa dua hari. Susu mentah dan produk turunannya, seperti susu yang tidak dipasteurisasi dan keju yang dibuat dari susu yang tidak dipasteurisasi, jangan dimakan. Jadi, konsumsilah susu dan produk susu yang aman saja, terutama bagi ibu hamil.

Vitamin Penting Untuk Ibu Hamil

Selama hamil, bunda perlu nutrisi penting untuk perkembangan kesehatan si adek bayi. Berikut ini beberapa vitamin yg penting untuk nutrisi ibu hamil :

1. Vitamin A
Sumber vitamin A antara lain minyak ikan, wortel, sayuran hijau, susu dan kuning telur. Vitamin A berfungsi meningkatkan daya tahan tubuh ibu hamil, menjaga kulit tetap segar dan sehat saat hamil. Vitamin ini penting untuk menjaga penglihatan, kesehatan gigi dan keindahan rambut agar tidak gampang rontok, dan memperkuat kuku agar tak mudah patah atau sobek.

2. Vitamin B1-B12
Sumber makanannya terdapat pada kacang2an, sayuran hijau, gandum, susu, hati, keju, tekur, pepaya, kentang, jamur, pisang. Vitamin ini bermanfaat untuk mengurangi mual dan muntah di awal kehamilan, menyiapkan produksi ASI yang baik, mencegah perdarahan dan infeksi gigi gusi, membentuk sel otak janin, memelihata sel darah merah dan sistem syaraf pusat janin, dan meningkatkan kekebalan tubuh.

3. Vitamin C
Sumber makanan yang banyak mengandung vitamin C adalah buah2an segar, jeruk, sayuran berwarna merah seperti bit, kubis merah dan bayam merah, sayuran berwarna kuning seperti labu kuning, dan sayuran hijau. Vitamin C berguna untuk melawan infeksi, menguatkan plasenta, menawar racun, menyembuhkan luka, dan membantu penyerapan zat besi.

4. Vitamin D
Sumbernya vitamin D adalah susu, keju, ikan berlemak, telur, mentega, minyak ikan. Vitamin ini mempermudah penyerapan kalsium dan masuknya kalsium ke sel tulang dari darah dan jaringan untuk menguatkan tulang.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Ibu Hamil

Post

Menentukan Jenis Kelamin Bayi

Menentukan Jenis Kelamin Bayi

103334_babycute420

3 Metode / Cara Menentukan Jenis Kelamin Bayi.

#1 – Menentukan Jenis Kelamin Bayi Melalui Pola Diet.

Para ahli telah menegaskan bahwa jika seorang ibu mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung mineral kalium dan natrium maka ia kemungkinan besar akan mengandung bayi laki-laki. Beberapa jenis makanan yang mengandung mineral kalium dan natrium dapat diperoleh dari garam, ikan, teh, kopi, dan buah-buahan.

Sedangkan jika seorang ibu menginginkan anak perempuan, dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung mineral kalsium dan magnesium. Mineral-mineral banyak terdapat pada kacang-kacangan, susu, serta cokelat yang bebas garam.

Untuk mengoptimalkan program tersebut, disarankan agar pengaturan pola diet dimulai 1,5 bulan sebelum terjadinya pembuahan. Dilaporkan angka keberhasilan untuk program pola diet ini mencapai 84%.

#2 – Waktu Berhubungan Intim Yang Tepat.

Selain pola diet, cara lain untuk menentukan jenis kelamin anak dapat dilakukan dengan memilih waktu tepat untuk berhubungan suami istri. Hal ini didasarkan pada teori yang menjelaskan bahwa pada saat proses pembuahan, sel telur (ovum) dibuahi oleh sperma kromosom X, maka akan menghasilkan anak perempuan. Sedangkan bila sel telur dibuahi oleh sperma kromosom X maka akan menghasilkan anak laki-laki.

Melakukan hubungan intim 2-3 hari sebelum ovulasi, juga kemungkinan bersarnya akan menghasilkan anak perempuan. Keberhasilan pola pengaturan berhubungan suami istri pada waktu yang tepat ini dilaporkan memiliki tingkat keberhasilan sebanyak 80%.

Kemudian muncul sebuah pertanyaan sehubungan dengan pola pengaturan berhubungan intim ini. Bagaimana cara mengetahui masa evolusi?

Untuk menentukan masa ovulasi, salahsatunya adalah dengan mengukur suhu basal tubuh – suhu badan sesaat setelah bangun pagi – secara berkala. Masa ovulasi ditandai dengan penurunan suhu tubuh secara tiba-tiba, kemudian setelah 1-2 hari akan mengalami kenaikan suhu kembali sekitar 0,5 derajat celcius. Masa ovulasi ini pada umumnya terjadi sekitar 14 hari sebelum menstruasi bulan berikutnya.

#3 – Memilih Jenis Kelamin Bayi Melalui Gaya Bercinta.

Posisi berhubungan intim ternyata juga berhubungan dengan pemilihan jenis kelamin bayi. Menurut hasil penelitian, untuk memperbesar kemungkinan memperoleh bayi dengan jenis kelamin laki-laki, pasangan suami istri dianjurkan untuk berhubungan tepat pada saat sang istri sedang dalam masa ovulasi (masa subur).

Posisi berhubungan yang dianjurkan adalah “doggy style”. Posisi ini dapat mempercepat masuknya sperma ke dalam vagina, rahim dan saluran telur. Hubungan seks diarahkan agar penis mencapai vagina secara penuh. Dengan demikian, sperma Y akan melewati lingkungan asam di vagina dan dapat secara cepat mencapai sel telur.

Posisi ini katanya lebih menjamin tersimpannya cairan sperma, selain itu karena jarak sperma saat ejakulasi berdekatan sekali dengan leher rahim istri. Dengan demikian kromosom Y yang kemampuan berenangnya lebih cepat, praktis akan lebih cepat pula mencapai sel telur. Semakin sering cara ini dilakukan, semakin besar kemungkinannya untuk mendapatkan bayi laki-laki.

Lalu bagaimana jika menginginkan bayi perempuan?

 

Berhubungan intim dilakukan sampai batas 2 atau 3 hari sebelum masa ovulasi. Dengan demikian hanya kromosom X yang lebih bertahan lama, sementara menunggu sel telur terlepas dari ovarium. Sebelum hubungan dilakukan, pasangan juga dianjurkan untuk mengkonsumsi cairan asam. Di sini dianjurkan pula agar penetrasi pria tidak terlalu dalam, sehingga diharapkan sel sperma kromosom X saja yang berkesempatan tetap hidup dan terus berkembang menuju sel telur. Disarankan posisi berhubungan yang klasik (berhadapan). Menghindari orgasme (bagi istri) lebih dianjurkan agar tercipta lingkungan dalam vagina yang lebih alkalis (basa), lingkungan favorit bagi kromosom X.

Istri yang mengalami orgasme lebih awal dibandingkan suaminya akan memungkinkan lahirnya bayi laki-laki. Saat orgasme, perempuan akan memproduksi cairan yang bersifat basa yang justru merupakan lingkungan yang baik untuk kehidupan sperma Y. Mau bukti? Silakan dicoba

Untuk memperoleh bayi dengan jenis kelamin perempuan, lakukan posisi berhubungan yang dapat memperlambat sperma masuk ke dalam rahim dan saluran telur. Lingkungan vagina yang asam menyebabkan sperma Y sangat sulit untuk mencapai sel telur sehingga mati dalam perjalanan. Posisi berhubungan diupayakan agar penis tidak memasuki penis terlalu dalam, contoh posisi berhubungan seperti ini misalnya dengan berdiri.

Berikut adalah tips menentukan jenis kelamin anak, berdasarkan mitos dan kepercayaan yang dipegang masyarakat sejak dulu :

  • Tebak jenis kelamin yang pertama, ibu hamil dapat menebak jenis kelamin bayi dengan memperhatikan kulit tubuhnya. Jika semasa kehamilan, Ibu memiliki kulit tubuh yang lembut seperti kulit bayi, kemungkinan bayi lahir jenis kelamin perempuan. Jika sebaliknya, kulit tubuh ibu cenderung kasar, kering, serta tumbuhnya bulu lebat disekitar kaki kemungkinan bayi lahir dengan jenis kelamin laki-laki. Tumbuhnya bulu kaki yang lebat disebabkan karena produksi testeron pada ibu hamil meningkat.
  • Sebaiknya Anda memperhatikan pula perubahan pada payudara. bayi lahir dengan Jenis kelamin perempuan, jika payudara ibu hamil memiliki ukuran payudara sebelah kiri lebih besar dibanding ukuran payudara kanan. Sebaliknya, jika ukuran payudara kanan lebih besar dibanding payudara kiri jenis kelamin bayi diprediksi laki-laki.
  • Cara menentukan jenis kelamin anak selanjutnya yaitu dengan memperhatikan posisi kandungan Anda. Jika cenderung berat ke atas, dipercaya bayi dalam kandungan berjenis kelamin perempuan dan sebaliknya, jika posisi kandungan berada dibawah kemungkinan bayi laki-laki.
  • Adanya perubahan hormon pada masa kehamilan, menyebabkan kecantikan ibu hamil berkurang. Seperti rambut rontok dan menipis, tidak ada keinginan untuk merias diri dan cenderung cuek dengan penampilannya, tanda-tandanya ini diyakini bayi lahir perempuan.
  • Metode selanjutnya Anda bisa mencoba tips menentukan jenis kelamin anak dengancara unik ini, Anda bisa mencobanya dengan mengayunkan kalung berbandul diatas perut ibu hamil. Perhatikan gerakannya, jika bandul mengayun dengan memutar kemungkinan bayi dalam kandungan perempuan jika bandul bergerak maju mundur, kemungkinan bayi laki-laki.
  • Selanjutnya ibu hamil perhatikan makanan yang sering diinginkan. Jika selama ngidam menginginkan makanan asin dan asam, kemungkinan bayi lahir berjenis kelamin laki-laki, jika ibu hamil mengidam makanan manis, mitosnya bayi akan lahir perempuan.
  • Apakah selama kehamilan Anda merasakan mood yang berubah-ubah? Iya! jika demikian, dipercayai pula bayi dalam kandungan Anda berjenis kelamin perempuan. Dipercayai pula, jika ketika hamil bayi perempuan ibu hamil selalu moody, kemungkinan besar bayi lahir akan membawa sifat moody.
  • Untuk menebak jenis kelamin bayi lainnya, Anda bisa memperhatikan urine pada ibu hamil. Jika urine ibu hamil berwarna tidak terlalu pekat (light) kemungkinan bayi lahir perempuan, jika warna urine pada ibu hamil berwarna pekat (Bright) kemungkinan bayi lahir laki-laki.
  • Cara menentukan jenis kelamin anak yang terakhir, dianggap paling akurat. Anda kini mempunyai kesibukan lain untuk mengetahui jenis kelamin dalam kandungan, dengan menghitung detak jantung bayi permenit. Jika detak jantung kurang dari 140 permenit, dipercayai bayi lahir perempuan dan jika detak jantung bayi lebih dari 140 permenit, dipercayai bayi lahir laki-laki.

Tips menentukan jenis kelamin anak

 diatas bisa Anda lakukan dengan cara menyenangkan bukan? Jenis kelamin bayi laki-laki atau perempuan memiliki keunikan masing-masing, yang terpenting adalah Anda harus lebih mempersiapkan diri untuk menjadi orangtua bijak yang penuh kasih sayang dan bisa melindungi buah hati Anda dalam segala situasi.

 Menentukan Jenis Kelamin Bayi

Post

Beri Balita Makanan Berserat

Beri Balita Makanan Berserat

Pentingnya Makanan Beserat Tinggi Bagi Tubuh Kita

Tahukah Anda, menurut sebuah penilitian delapan dari sepuluh anak-anak sekolah tidak mendapatkan cukup serat dalam makanan mereka sehari-hari. Berapa sebenarnya jumlah serat yang harus dikonsumsi oleh anak-anak? Kebutuhan serat anak usia 5 tahun sekitar 20 gram per hari dan untuk kebutuhan anak enam tahun sekitar 11 gram/hari.

Apa manfaat serat untuk anak? Peran serat paling penting adalah menjaga anak Anda secara teratur dan menjaga perut mereka terus bergerak. Makan makanan kaya serat membantu anak merasa kenyang lebih lama, menjaga kadar gula darah stabil dan membantu anak berkonsentrasi lebih lama. Selain itu juga berpengaruh terhadap perubahan perilaku anak menjadi lebih positif. Serat juga mengurangi kemungkinan mengembangkan penyakit seperti diabetes, jantung, obesitas dan menjaga sistem pencernaan bekerja secara efisien.

Sangat mudah untuk memastikan keluarga Anda makan cukup serat, yakni:

  • Pastikan balita Anda makan lima porsi buah dan sayuran dalam sehari.
  • Untuk meningkatkan asupan serat dapat ditemukan pada gandum dan biji-bijian seperti sereal. Roti, dan pasta.
  • Pastikan balita Anda juga banyak minum air, karena serat juga membutuhkan air untuk dicerna.

Makanan apa saja  yang mengandung serat? Dalam makanan, serat ditemukan dalam dua bentuk utama yakni serat larut dan tidak larut, keduanya penting bagi tubuh. Serat larut bisa ditemukan dalam buah-buahan dan sayuran serta biji-bijian seperti gandum.  Sedangkat serat tidak larut bisa ditemukan dalam sekam dari biji-bijian seperti gandum, bagel gandum, dll. Serat larut membantu menjaga usus bergerak dengan baik dan efisien merawat jantung dari efek kolesterol dan lemak lainnya dalam darah.

Lima cara mudah memberikan makanan berserat pada balita. Kenalkan serat secara bertahap pada bayi dan balita seperti saat Anda menyapih.

  1. Membuat smoothie buah lezat. Seperti dari strawberry dan pisang.
  2. Gunakan roti gandun untuk membuat sandwich.
  3. Berikan irisan apel sebagai camilan sehat, seperti halny akacang-kacangan atau biji bunga matahri dan batang seledri atau wortel.
  4. Panggang apel dengan kismis dan campurkan dalam puding.
  5. Tambahkan kacang panggang di atas keripik kentang.

Dan untuk anda sebagai seorang orang tua , anda wajib tahu apa saja makanan yang mengandung serat tinggi dan tentunya di sukai pula oleh anak anda, untuk lebih jelasnya berikut saya berikan beberapa makanan yang mengandung serat dan tentunya di sukai oleh anak-anak

Maka makanan berserat yang disukai anak-anak

1. Jagung
Apakah anda tahu dalam satu sendok makan, jagung memiliki kandungan sebanyak kurang lebih dua gram serat. Jagung merupakan sebuah jenis makanan yang sangat mudah untuk di olah. Banyak jenis makanan yang di sukai oleh anak-anak yang berbahan dasarnya itu dari jagung, seperti halnya kue jagung, cemilan jagung, dan masih banyak lagi. Dengan berbagai inovasi untuk menciptakan hal baru dari jagung tentunya akan sangat di sukai.

2. Kacang
kacang dianggap sangat di sukai oleh anak-anak, banyak anak yang menyukai kacang karena bentuk da rasanya. Kacang biasa di buat dalam bentuk cemilan atau bahkan bisa juga di buat sebagai bahan dari pebuatan kue, jadi dengan menggunakan bahan kue dari kacang anda bisa memberikan serat nutrisi pada anak anda secara tidak langsung.

3. Alpukat
Alpukat adalah salah satu jenis buah-buahan yang sangat di sukai oleh anak-anak , ini karena rasanya yang tawar , dan akan terasa nikmat jika di konsumsi dengan menggunakan gula putih di dalamnya. Alpukat mengandung banyak serat di dalamnya.

4. Jamur
Jamur termasuk salah satu makanan berserat yang mudah diolah. Untuk merangsang nafsu makannya, tambahkan jamur di makanan-makanan sehari-hari anak anda, atau juga bisa diolah menjadi bentuk crispy yang gurih dan lezat.

5. Roti
Roti merupakan makanan yang hampir disukai anak-anak. Namun demikian pilihlah roti gandum yang kaya serat, bukan roti tawar yang terbuat dari tepung biasa. Roti gandum mengandung serat yang cukup untuk menambah jumlah asupan serat harian anak anda. Tambahkan selai atau topping lainnya agar buah hati anda jadi lebih tertarik.

Jenis Buah Terbaik Untuk Bayi

Buah mengandung serat dapat mencegah bayi sembelit. Serat yang tergolong prebiotik secara selektif akan dimanfaatkan oleh bakteri baik dalam usus untuk membantu mengurangi risiko diare.

Anda bisa mulai memperkenalkan buah pada bayi Anda setelah ia lebih dulu berkenalan
dengan makanan sumber karbohidrat seperti bubur beras atau bubur gandum.

Sebagai awal perkenalan, hindari buah yang rasanya masam seperti stroberi atau anggur yang masam. Buah yang terlalu masam akan membuat bayi melepeh, atau kalaupun ia menelannya, sistem pencernaannya yang belum sempurna bisa terganggu.

Pilih buah berserat halus seperti pisang atau alpukat. Pisang sejak lama telah menjadi favorit para ibu karena praktis dan bisa langsung diberikan. Cukup dikerok tipis-tipis dengan sendok dan disuapkan pada bayi. Anda juga bisa memberikan apel yang dikukus, dihaluskan, dan disaring.

Pepaya juga baik untuk bayi karena enzim papainnya mirip dengan enzim yang ditemukan dalam sistem pencernaan sehingga ideal untuk bayi. Tak perlu menambahkan gula karena bayi tak memerlukannya. Pemberian buah bisa dilakukan di antara waktu-waktu makan. Untuk pertama kali, sebaiknya berikan pada pagi menjelang siang agar bila terjadi reaksi alergi bisa segera diatasi.

Saat pertama berkenalan, bayi mungkin akan menolak karena merasa asing terhadap rasa baru yang dicicipinya. Tapi setelah pemberian kedua atau ketiga, bayi biasanya akan mulai menerima karena rasa yang ia terima sudah lebih familiar. Tetaplah telaten dan cobalah disiplin dengan waktu pemberian agar bayi juga terbiasa. Jangan lupa beri ia ciuman sebagai hadiah bila ia makan buahnya dengan baik.

 Beri Balita Makanan Berserat

Post

Makanan Siap Saji, Amankah?

Makanan Siap Saji, Amankah?

image001

Gaya pemberian makanan bayi siap saji atau instan biasanya dilakukan bunda yang tidak punya waktu untuk memasak. Sehingga lebih memilih menggunakan makanan bayi siap saji yang dijual di supermarket, baik dalam bentuk bubuk maupun puree. Baikkah untuk bayi?

Pro! Makanan bayi instan yang tersedia di pasaran saat ini telah difortifikasi zat gizi seperti vitamin, DHA, omega 3 dan mineral, sesuai kebutuhan makanan bayi. Makanan instan dapat dipilih saat Anda membutuhkan makanan pendamping ASI (MPASI) yang praktis saat bepergian. Untuk konsumsi setiap hari, masih mungkin sepanjang Anda menjaga asupan kadar garam dari makanan instan bayi. Caranya dengan membandingkan antara kebutuhan garam harian bayi dengan kadar garam yang tertera di label kemasan makanan bayi instan.  Atau, pilih makanan bayi instan bebas garam.

Kontra! Pemberian makanan bayi instan bila dilakukan rutin dan terus menerus, membuatbayi tidak mengenal menu keluarga sebenarnya, yaitu makanan segar yang dimasak untuk disajikan di rumah. Selain itu, bayi kehilangan kesempatan untuk mengenal cita rasa asli makanan, sebab kebanyakan makanan bayi instan adalah makanan campuran yang diolah bersamaan.

Saran. Penggunaan makanan bayi instan secara terus-menerus musti memperhatikan hal-hal berikut

  • Pilih produsen makanan bayi yang bonafid.
  • Perhatikan keutuhan kemasan makanan dan tanggal kadaluwarsa.
  • Cermati keragaman bahan makanan. Pastikan dari MPASI instan bayi tetap mendapat variasi makanan seperti aneka tepung (tepung beras putih, tepung beras merah, tepung maizena, tepung jagung), buah-buahan (apel, pisang, aprikot, avokad), sayur-sayuran (wortel, bayam, kentang, labu, tomat), dan aneka produk hewani (ayam, daging, ikan).
  • Cermati kadar garam MPASI instan -di label kemasan biasanya ditulis “natrium” atau “sodium”-  kadar gula, dan zat-zat gizi yang difortifikasi ke dalam MPASI instan.

 Makanan Siap Saji, Amankah?

Post

Bantu Matanya Melihat Dengan Baik

Bantu Matanya Melihat Dengan Baik

Cute little baby

Mata bayi mengalami perkembangan bertahap hingga akhirnya bisa melihat obyek dengan jelas. Penuhi kebutuhan bayi untuk mengembangkan indera penglihatannya melalui kegiatan dan dukungan sesuai tahap perkembangan matanya.

Ketika bayi membuka matanya untuk pertama kali, semua yang disekelilingnya masih tampak samar. Sampai usia sekitar 3 bulan, meski jarak pandangnya makin luas, bayi belum mampu memfokuskan kedua matanya pada satu objek. Baru setelah memasuki usia sekitar 8 bulan, bayi mampu melihat segala sesuatu dalam persepsi 3 dimensi secara sempuna.

Aktivitas yang pendukung. Penglihatan sebagai salah satu panca indera seperti indera lainnya, perlu dirangsang karena merupakan salah satu media belajar untuk mencerdaskan anak, di antaranya:

  • Sering menatap mata bayi dalam jarak pandang 25 cm. Lakukan saat menyusui, saat mengantar tidur sambil bersenandung atau memandikan. Biarkan bayi juga mengenali wajah Anda.
  • Ajak ia bicara agar dapat melihat dan menikmati ekspresi wajah Anda ketika memandikan, menjemur, mengganti popok atau bermain bunyi-bunyian.
  • Gerakkan mainan berwarna cerah ke kanan dan ke kiri agar ia mengikuti arah gerak mainan.
  • Gantungkan mainan aneka warna dan bisa berputar di atas boks tidurnya, di posisi yang mudah terlihat bayi.
  • Berikan mainan dilengkapi cermin ketika usianya memasuki 6 bulan, ajak bermain “ciluk ba”
  • Sering-sering ajak keluar rumah agar ia melihat pemandangan berbeda.

Waspada jika:

  • Bayi tidak pernah melihat wajah Anda saat disusui atau diajak bicara
  • Mata bayi tidak mengikuti arah mainan berwarna yang Anda gerakkan

Apabila Anda mencurigai gejala yang tidak wajar, seperti, tidak adanya respon apabila disentuh, atau tidak ada kontak mata ketika Anda sedang dalam jarak pandang 25 – 30 cm, segera periksakan bayi ke Klinik Tumbuh Kembang Anak atau rumah sakit bagian tumbuh kembang anak.

 

Mengapa Mata Bayi Berubah Warna?

Mata bayi Anda bisa saja berubah warna. Itu karena mata bayi merupakan bagian tubuh yang masih terus berkembang.

Ketika lahir, matanya tidak mengandung cukup banyak pigmen kecokelatan atau kekuningan yang disebut melanin untuk menunjukkan warna akhir mata. Bahkan, mata biru atau abu-abu (umum ditemui pada bayi berambut pirang) nyaris tidak punya melanin.

Tapi, selama 6 – 12 bulan pertama, iris matanya – bagian mata yang berwarna – membuat lebih banyak di bagian tersebut dan menggelap. Pada sejumlah orang, pigmentasi lengkap tidak terjadi sampai usia dewasa.

Bayi dengan mata biru atau abu-abu cenderung punya kulit pucat, yang bagus untuk penyerapan vitamin D dari sinar matahari dan membentuk tulang-tulang yang sehat. Di sisi lain, orang-orang yang bermata dan kulit lebih gelap punya risiko lebih kecil terhadap melanoma atau kanker kulit.

“Mereka biasanya punya kadar asam folat yang lebih tinggi dalam tubuh, yang membantu menjaga sel darah merah, saraf, dan otot-otot yang sehat.”

Cara Merawat Mata pada Bayi Baru Lahir

Merawat bayi, apalagi bayi yang baru lahir merupakan hal yang  belum tentu mudah dilakukan oleh setiap ibu. Padahal jika tidak dirawat dengan benar dan kebersihannya tidak dijaga, tubuhnya bakal rentan terhadap banyak penyakit. Salah satu bagian tubuh dari bayi baru lahir yang penting dan perlu dirawat dan dijaga kebersihannya adalah mata.

Pada mata terdapat sumber air mata yang terletak di atas mata. Dari hasil penelitian sebelumnya membuktikkan bahwa setiap 3 detik, sumber air mata akan mengeluarkan air mata, yang kemudian mengalir ke saluran di ujung tengah mata dekat hidung. Pada bayi baru lahir, karena di kandungan belum pernah menangis, maka sumber air mata belum bisa berproduksi. Jadi, salurannya masih tertutup. Bisa juga, kadang terbuka tapi lalu menutup lagi, sehingga air mata yang seharusnya sudah mengalir jadi tergenang.

Air mata yang di hasilkan dari sumber air mata bersifat aneh, karena air matasetelah keluar dari sumber air mata dapat membunuh kuman untuk beberapa menit, akan tetapi setelah lewat beberapa menit, air mata tidak dapat membunuh kuman lagi, yang ada malah akan menjadi salah satu makanan bagi kuman. Jadi, bila air mata tergenang atau tak mengalir, akan mengakibatkan tumbuhnya kuman – kuman yang kemudian akan menimbulkan tahi mata. Dimana tahi mata tersebut dapat membahayakan kornea matapada bayi baru lahir tersebut.

Untuk mencegah terjadinya tahi mata tersebut, kita perlu melakukan pemijatan di area sudut mata dengan menggunakan jari yang tak berkuku panjang atau dapat juga menggunakan cotton buds yang sudah di basahi dengan air matang. Lalu  pijat lembut mulai dari sudut mata ke bawah dan ke arah hidung, lakukan selama 5-10 kali. Hal ini dapat dilakukan sekitar 2 minggu sekali, karena setelah dilakukan pemijatan, pada umumnya saluran air mata telah terbuka tetap dan akan berfungsi secara normal. Untuk membersihkan tahi mata, gunakan kapas steril yang dibasahi air matang, dan pada prinsipnya selalu gunakan satu kapas steril untuk tiap mata. Penting diingat! Kalau kotoran mata si kecil tak juga hilang meski selalu dibersihkan, segera bawa ke dokter, karena bisa jadi matanya terinfeksi kuman.

Jangan lupa perhatikan kedua mata bayi yang baru lahir, apakah ada tanda-tanda infeksi mataMata yang terinfeksi akan banyak kotoran, sklera (bagian putih) matabiasanya berwarna merah dan kelopak mata membengkak. Apabila ada tanda-tanda tersebut konsultasikan dengan tenaga medis terdekat.

 Bantu Matanya Melihat Dengan Baik

Post

Tips Menyiapkan Dan Membuat Susu Formula

Tips Menyiapkan Dan Membuat Susu Formula

weqweqweqw

Higienis adalah syarat mutlak untuk peralatan maupun orang yang akan menyiapkan susu untuk bayi.

Peralatan:

  • Cuci bersih peralatan minum bayi menggunakan sikat dan sabun.
  • Sterilkan semua peralatan yang akan digunakan. Jika mengggunakan teknik perebusan, cangkir atau botol harus terendam dengan baik dan tidka ada udara di dalamnya. Biarkan dalam keadaan mendidih selama minimal 5 menit. Tutup panci dengan peralatan steril di dalamnya sampai dipakai. Bila tidak segera dipakai, angkat, pasang dot dan tutup botol, simpan di tempat bersih dan kering.
  • Masak air yang digunakan sebagai pelarut susu formula, termasuk air dalam kemasan, sampai mendidih, lalu biarkan selama 3 menit sebelum api dimatikan. Diamkan selama 10-15 menit dalam wadah tertutup, agar suhunya turun sampai sekitar 70 derajat C. air pun siap digunakan.

 Penyiapan:

  • Bersihkan meja persiapan.
  • Cuci tangan dengan sabun dan air mengalir,keringkan.
  • Tuangkan air ke cangkir atau botol sebanyak yang dapt dihabiskan bayi.
  • Tambahkan bubuk susu dengan takaran sesuai, lalu tutup dan kocok sampai larut dengan baik. Sebelumnya, perhatikan apakah susu bubuk masih baik. Tanda susu yang tidak baik adalah bau berubah (tengik), warna berubah (tidak kuning cerah) atau terdapat gumpalan.
  • Dinginkan dengan merendam botol susu di air bersih dingin atau air mengalir. Cek dengan meneteskan susu ke pergelangan tangan. Jika sudah hangat atau tidak panas, susu siap diminumkan.
  • Susu formula yang telah dilarutkan harus segera diminum dan dihabiskan untuk menghindari kemungkinan pencemaran. Bila susu yang telah dilarutkan tidak segera diminum, maka taruhlah di lemari es dan dipanaskan kembali dengan merendamnya dalam air panas sebelum diminumkan. Baik di lemari es maupun di suhu ruangan, susu yang telah dilarutkan sebaiknya diminum sebelum 2 jam.

Nah, dalam menyiapkan susu formula, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar susu formula tidak terkontaminasi bakteri tetapi nilai gizinya tetap terjaga :

  1. Cuci bersih botol dan semua bagiannya. Lepaskan bagian karet dot terlebih dahulu dari penyangganya sebelum dicuci.
  2. Sterilkan botol dan semua bagiannya termasuk tutup dot. Ibu dapat menggunakan alat sterilisator botol atau dapat dengan merebus botol dan bagian-bagiannya dalam air mendidih selama 5 menit.
  3. Setelah botol selesai disteril, letakkan dalam posisi terbalik dan biarkan mengering secara alami (jangan dikeringkan dengan kain lap), Setelah itu, kemudian simpan dalam wadah tertutup.
  4. Air yang digunakan untuk melarutkan susu formula harus dididihkan selama 3 menit, sekalipun itu air minum dalam kemasan. Setelah mendidih, matikan api dan diamkan sekitar 10-15 menit dalam wadah tertutup sehingga suhunya turun kurang lebih menjadi 70oC. Pada saat ini air siap untuk digunakan.
  5. Bersihkan meja untuk mempersiapkan susu formula.
  6. Cucilah tangan kembali dengan menggunakan sabun.
  7. Pastikan susu yang digunakan tidak kadaluarsa, dan masih dalam keadaan baik untuk dikonsumsi. Tanda-tanda susu bubuk yang sudah tidak baik adalah baunya berubah menjadi tengik, warnanya berubah, atau tampak lembab dan bergumpal-gumpal.
  8. Tuangkan air ke botol sesuai dengan kebutuhan bayi, sesuai perbadingan takarannya.
  9. Tambahkan bubuk susu sesuai takaran. Gunakan sendok takar yang disediakan dalam kemasan susu. Pastikan sendok dalam keadaan bersih dan kering. Baca aturan takar pada yang ada pada kemasan susu. Sebagian susu menggunakan perbandingan 1 sendok takar untuk 30ml air, namun ada yang 1 sendok takar untuk 45ml air, dan bahkan ada yang 1 takar untuk 60 ml air.
  10. Tutup botol kemudian kocok sampai semua larut dengan baik.
  11. Dinginkan dengan merendam botol susu di air bersih dingin atau di air yang mengalir. Cek suhu susu dengan meneteskan susu ke punggung tangan, dan jika sudah tidak panas maka susu siap diminum. Jangan men-cek suhu susu dengan menghisap dot bayi.
  12. Susu yang sudah dilarutkan sebaiknya diminum dalam waktu 2 jam. Bila dalam waktu 2 jam susu tidak habis, buanglah susu tersebut dan bila masih diperlukan buat yang baru.
  13. Menyimpan kaleng susu sebaiknya di tempat yang sejuk, dalam suhu ruangan yang kering. Jangan letakan susu di tempat panas, terpapar matahari, ataupun di dalam lemari pendingin.

 Tips Menyiapkan Dan Membuat Susu Formula

Post

Merawat Tali Pusat Bayi

Merawat Tali Pusat Bayi

d6c0a791b02e73a30cae4d4a20c038a6

Sampai tali pusat bayi lepas (antara 5-21 hari), bayi sebaiknya tidak dimandikan langsung dalam air alias dilap saja, agar tali pusat tidak lembab dan tetap kering. Jika ingin dimandikan, usahakan agar tali pusat tidak banyak terkena air. Sebelum mengganti kain kasa yang membungkus tali pusat bayi, siapkanlah semua benda yang Anda butuhkan. Setelah itu, lakukanlah penggantian kain kasa dengan hati-hati, namun mantap. Perawatan ini dapat dilakukan dua kali sehari.

Yang dibutuhkan:

  • Kasa steril beralkohol dalam kemasan praktis. Dapat juga menggunakan kain kasa steril yang dicelupkan pad aalkohol 70%.
  • Alkohol 70 %.
  • Bola-bola kapas yang lembut dan steril, jika diperlukan.

Jika Anda ingat dahulu, para ibu menutup tali pusat dengan gurita bertali atau  semacam jaring yang elastis. Kini, tindakan itu  tidak dianjurkan lagi oleh dokter.
Ke dokter jika:

  • Bayi demam.
  • Pangkal tali pusat terlihat kemerahan.
  • keluar cairan berbau atau darah dari pangkal tali pusat.
  • Bayi selalu menangis ketika kulit di skeitar tali pusat disentuh dengan jari. Bila bayimenangis karena merasa dingin terkena alkohol, hal ini normal.

Begini Caranya Merawat Tali Pusar Bayi Baru Lahir

“Membersihkannya cukup dengan menggunakan sedikit larutan alkohol dan kapas. Jangan gunakan salep karena kulit bayi masih sensitive.

Senada untuk tidak memberikan betadine atau salep pada tali pusar bayi tanpa anjuran dari dokter

Menurut dokter ini, tali pusar bayi biasanya akan kering secara alami, tanpa pemberian obat tertentu.

Perawatan tali pusar yang benar akan mempercepat penyembuhan dan mencegah terjadinya infeksi. Secara detail, cara perawatan tali pusar, adalah sebagai berikut:

1. Ganti kain kasa yang membungkus tali pusar dengan yang baru setiap habis mandi. Caranya, kain kasa dibasahi terlebih dahulu dengan alkohol 70 %, kemudian lilitkan dan rekatkan dengan tali atau pita perekat.

2. Jangan mandikan bayi dengan cara berendam jika tali pusar belum puput (lepas). Cukup diusap atau dilap saja agar tali pusar tidak basah.

3. Agar tali pusar tidak tergesek-gesek baju atau popok, Anda bisa menggunakan gurita. Tetapi, jangan terlalu kencang dalam mengikatnya.

4. Jika tali pusar lembap terus sehingga bernanah atau berwarna kemerahan dan bayi menangis setiap tersentuh bagian itu, segera bawa ke dokter karena kemungkinan bayi mengalami infeksi.

4 Cara Cermat Merawat Bayi Baru Lahir

Merawat bayi baru lahir menjadi pengalaman yang sangat membahagiakan bagi orangtua baru. Peran baru sebagai seorang ibu selain menggembirakan terkadang juga menimbulkan kekhawatiran. Selama ibu mengikuti petunjuk perawatan bidan atau dokter, maka tidak perlu cemas. Satu hal yang perlu diperhatikan saat merawat bayi adalah hati-hati, cermat dan tidak mudah panik.

Ada beberapa perhatian penting yang perlu diketahui sehubungan dengan perawatan bayi baru lahir di rumah. Kebiasaan-kebiasaan yang perlu diketahui agar dapat memberikan perawatan terbaik bagi bayi antara lain :

1. Bayi baru lahir tidak perlu memakai gurita.

Perawatan bayi dengan mengenakan gurita perlahan kini sudah mulai ditinggalkan. Penggunaan gurita pada bayi justru akan menekan bagian perut bayi dan membuat bayi kesulitan bernafas. Seandainya ibu ingin tetap mengenakan gurita sebaiknya ikatan harus longgar. Jangan khawatir bahwa tali pusat bayi akan tergeser dan cemas bayi akan kesakitan.

Pemakaian gurita yang terlalu ketat justru akan menekan lambung dan membuat bayi tidak nyaman. Selain itu, bayi juga sedang masa pertumbuhan organ tubuhnya. Ibu khawatir perut bayi akan kembung? Tak perlu cemas. Tidak ada bayi kembung akibat tidak menggunakan gurita sejak bayi.

Pada bayi, memang otot dinding perut masih belum kuat dan sangat lentur, sehingga kadang tampak lebih besar. Seiring dengan pertumbuhan dan gerak bayi semakin aktif otot-otot tubuh bayi akan semakin kencang dan bila sudah mulai merangkak dan berjalan secara alami kondisi perut bayi akan lebih kencang karena sudah ada gerakan dan aktivitas.

Cara perawatan tali pusar terbaru, sebaiknya tali pusar dibiarkan terbuka tanpa dibalut kain kassa dan cukup diolesi alkohol saat di rumah sakit. Selanjutnya di rumah setiap mandi disabuni dan dibersihkan. Bagaimana jika nanti pusarnya bodong karena tidak memakai gurita? Pusar yang baru lepas kadang pangkalnya tampak menyembul sedikit hal yang wajar, kecuali kondisi hernia umbilikalis yang berat, maka perlu rujukan untuk ke dokter anak guna perawatan lebih lanjut. Perawatan tali pusar setelah lepas juga tidak perlu ditempeli uang koin untuk mencegah tidak bodong.

2. Perawatan bayi dengan bedong

Bayi baru lahir memang membutuhkan kehangatan, namun bukan dengan membungkusnya rapat-rapat dengan kain bedong. Bila ingin memberi kehangatan, sebaiknya lipatan kain jangan terlalu erat. Sangat disarankan untuk lebih sering membebaskan bayi dari bedong agar bayi dapat bergerak bebas. Merawat bayi dengan membungkus kain bedong menjadi kebiasaan sebagian orangtua selain untuk kehangatan juga karena mereka cemas bila melihat bayinya seperti ada reflek terkejut atau dalam bahasa medis disebut hynogogic startles.

Gerakan seperti refleks terkejut terlihat pada tangan dan kaki bayi seperti kejang dan gemetar namun hanya beberapa detik. Hal ini normal dan akan menghilang sendiri ketika bayi memasuki usia 3 bulan. Cara mengatasinya memberi kehangatan dan kenyamanan dengan memeluk, meletakkan telapak tangan ibu di dada bayi dengan lembut jika terkejut karena suara keras dan memperbaiki posisi tidurnya agar nyaman. Mungkin, ibu khawatir kaki bayinya akan bengkok. Tak perlu cemas. Bayi baru lahir memang kakinya cenderung bentuknya agak bengkok dan menekuk.

Posisi kaki saat bayi baru lahir memang masih belum bisa lurus sehubungan dengan posisi bayi dalam kandungan. Secara perlahan nanti posisi kaki akan normal kembali. Kecuali bila ada kelainan pada bentuk tulang, tentu bidan akan menginformasikan cara perawatan lebih lanjut. Perhatian pada bayi yang panas tidak boleh dibedong, justru akan semakin meningkatkan suhu tubuhnya, dan bayi akan sesak karena tidak bisa bernafas dengan leluasa. Ibu sebaiknya membebaskan tangan dan kaki bayi dari ikatan bedong saat menyusui agar bayi juga bisa bersentuhan dengan ibunya. Kontak fisik ini sangat penting bagi bayi.

3. Penggunaan bedak bayi.

Bayi baru lahir sebaiknya tidak perlu diberi bedak tabur seluruh tubuh usai mandi. Resiko terhirup serbuk halus dari bedak tabur akan masuk paru -paru dan mengganggu pernafasan bayi. Bila memang ingin memberi bedak sebaiknya gunakan bedak padat dengan spon lembut. Cukup usap tipis pada daerah lipatan paha, lipatan bawah lutut, ketiak, dan leher.

Jaga kebersihan saat bayi mandi dengan menyabuni daerah ketiak dan lipatan leher dengan cermat. Akan lebih baik jika bayi setiap selesai mandi kulit bayi tidak diberi bedak tabur atau talk sama sekali. Perawatan bayi usai buang air kecil dan buang air besar dengan menabur bedak di pantat atau alat kelamin tidak direkomendasikan lagi. Menabur bedak justru akan menumpuk kotoran pada daerah alat kelamin bayi dan mudah terjadi lecet atau iritasi. Pori-pori kulit bayi masih sangat sensitif dan perlu sirkulasi udara terutama di daerah pantat dan alat kelamin yang tertutup. Setiap bayi buang air kecil atau buang air besar cukup bersihkan dengan kapas yang dibasahi air hangat dan keringkan dengan handuk lembut.

4. Penggunaan popok yang aman.

Sebaiknya, perawatan bayi menggunakan popok kain yang berbahan katun lembut. Bila terpaksa mengunakan pampers saat berpergian, sebaiknya sering diperhatikan kondisi pampers. Ganti setiap basah. Anjuran terbaik adalah gunakan popok kain dari bahan katun yang lembut. Popok kain selain ramah lingkungan juga aman untuk bayi. Bayi terhindar dari resiko alergi dan infeksi dan ruam popok. Salam hangat semoga bermanfaat.

Selamat menjalani peran menjadi ibu baru

 Merawat Tali Pusat Bayi

Post

Rambu Penting Saat Menggendong Bayi

Rambu Penting Saat Menggendong Bayi

Baby Carrier Active

Inilah cara menggendong yang benar dengan gendongan, agar bayi aman dan nyaman menikmati bonding.

  • Setiap kali meletakkan bayi dalam gendongan, usahakan Anda bisa melihat hidung, mata, pipi, dan mulutnya secara jelas. Jangan menutupinya dengan selimut, scarf, atau apapun yang akan menghalangi sirkulasi udara.
  • Jarak ideal menggendong bayi adalah jika dengan sekali menunduk Anda bisa menciumnya dengan mudah. Itu artinya Anda bisa melihat dengan cepat jika sesuatu hal terjadi pada dirinya, misalnya, gumoh.
  • Jika Anda mengayun-ayun bayi dalam gendongan, pastikan untuk tidak membuat wajahnya menoleh ke kiri atau ke kanan yang mengakibatkan menempel ke gendongan. Hal itu bisa menyebabkannya  sulit bernafas.
  • Jangan pernah membiarkan bayi dalam posisi C, yaitu punggung melengkung  dengan   dagu menekan dadanya. Ini bisa mengakibatkan bayi  kesulitan bernapas.
  • Jika bayi tampak tidak nyaman ditandai dengan merengek atau bergerak-gerak, bisa pertanda ia tidak merasa nyaman digendong dalam posisi tersebut. Jadi segera ‘bebaskan’ ia dari gendongan.
  • Jika bayi Anda sakit atau memiliki masalah kesehatan seperti batuk, panas, atau diare sebaiknya jangan menggunakan gendongan. Sebab bisa saja ia muntah dan muntahnya masuk ke hidung, yang mengakibatkan ia tersedak.

Salah dan Benar!

  • Benar: Kepala bayi mendongak, dagu yang memperlihatkan wajah, mulut dan hidung tidak tertutup  apapun
  • Salah: Wajah bayi tertutup
  • Salah: Bayi digendong terlalu rendah
  • Salah: Posisi bayi membungkuk dengan dagu menyentuh dada
  • Salah: Wajah samping bayi menekan gendongan

 LARANGAN SAAT MENGGENDONG BAYI

 Saat menggendong bayi, hindari sambil melakukan beberapa aktifitas ini. Sangat berbahaya untuk bayi Anda!

  • Memasak dengan kompor meskipun hanya menjerang air. Sebab api bisa dengan mudah menyambar gendongan.
  • Menikmati minuman panas. Gerakan bayi yang tiba-tiba atau gerakan Anda  menyenggol cangkir berisi minuman panas  bisa menyiram bayi Anda.
  • Membungkuk untuk mengambil sesuatu yang ada di bawah. Jika pun terpaksa, pastikan bayi dalam gendongan yang kuat, sirkulasi udara lancar, berbaring dengan punggung di bawah agar bisa leluasa bernapas.
  • Mengangkat atau menggeser benda yang berat karena dikhawatirkan Anda terpeleset dan jatuh.
  • Menggunakan peralatan elektronik seperti mesin penghisap debu. Sebab dikhawatirkan kabel-kabelnya secara tidak sengaja melilit ke gendongan dan mengakibatkan tarikan keras yang bisa membuat bayi terguling.
  • Memanggang makanan atau barbeque atau memanggan dengan oven, meskipun hanya untuk membalikkan dua iris daging. Uap panas dari panggangan bisa melukai kulit bayi yang masih lembut dan apinya bisa menyambar gendongan.
  • Menggendong bayi sambil jogging. Jogging bisa mengakibatkan guncangan yang bisa mengubah poisisi bayi dalam gendongan, yang semula telentang bisa berbaring miring,  atau bahkan terguling. Bahaya lainnya adalah cedera otak akibat guncangan, yang bisa berakhir pada kematian (shaken baby syndrome)
  • Menggendong bayi naik kendaraan umum yang penuh sesak. Misalnya kereta  atau bus umum. Ini bisa mengakibatkan bayi tergencet dan sulit bernapas.

 

Aman sambil menggendong:
-  Menyiram tanaman
-  Membaca buku
-  Jalan-jalan pagi atau sore
-  Berbelanja di toko swalayan
-  Menonton televisi
-  Menelpon
-  Bermain di taman
-  Jalan-jalan di mal (me)

 Rambu Penting Saat Menggendong Bayi